Selasa, 05 April 2011

Heboh Tren Sepeda Fixie

Belakangan ini, sepeda fixie lagi ngehits di kalangan anak muda, bila ditanya alasannya banyak, bisa karena lifestyle semata atau karena memang suka dengan sepeda yang simple, tapi yang jelas sepeda fixie lagi ngetren.

Disebut Sepeda Fixie karena fixed gear, artinya, gear belakangnya itu fixed alias tetap, tidak bisa diganti-ganti, seperti sepeda yang memiliki gear atau gigi. Bila ingat jaman dahulu, istilah fixed gear mirip dengan sepeda model doltrap.

Sepeda Fixie identik dengan sepeda tanpa rem, tanpa gear dinamis belakang. Semua dibuat fix, roda berputar maka pedal ikut berputar. sepeda ini bisa maju mundur sesuka hati. Digenjot bisa maju atau digenjot kebelakang maka sepeda akan mundur.

Mengerem sepeda Fixie hanya mengandalkan kekuatan pedal dengan menahan laju atau mendorong pedal ke belakang serta dibantu dari roda depan.Inilah letak keunikannya disamping ngga ada rem. Remnya adalah kekuatan kaki kita untuk menahan pedal yang selalu berputar ke depan.

Ban sepeda Fixie juga tipis, sehingga ringan ketika di genjot. Hal menarik lainnya ada pada bagian stang, dimana stang atau handle bar sepeda Fixie bisa dibuat dengan tegak lurus dan minimalis disain menjadi ciri sepeda single speed ini. Pastinya karena mengikuti gaya minimalis, sepeda Fixie memang ringan. Rata rata beratnya tidak lebih dari 11kg, bahkan ada yang jauh lebih ringan.

Karena ini gaya sepeda anda, masalah warna tergantung selera Anda, saat ini komponen sepeda Fixie  sudah sangat banyak dan murah, jika mau menganti ban dengan warna merah juga boleh, atau kuning susu juga ada, atau membuat sepeda dengan warna putih semuanya juga bisa.

Harga sepeda Fixie untuk minimum dengan komponen seadanya dapat mencapai 1,5 juta. Harga sepeda Fixie yang cukup lumayan sekitar 2.5 juta atau lebih. Sedangkan harga sepeda Fixie rakitan tipe generic dengan komponen cukup baik mencapai 3.5 juta keatas dan tipe sepeda fixie bermerek, umumnya berada di atas 4 juta, tergantung komponen yang sedang in.

Buat yang belum terbiasa naik sepeda fixie pasti bakal kagok, tapi serunya karena sepedanya ringan jadi enak buat dipakai di jalanan kota yang sempit. Namun, ada tapinya.... sepeda ini berbahaya kalo dipakai  jalan di turunan yang curam...soalnya tanpa rem. Hati-hati ya! 

http://www.wartanews.com/read/LifeStyle/10a7d953-0020-4f0c-80be-d763afb95690/Heboh-Tren-Sepeda-Fixie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar